INDONESIA ITU INDAH



Jangan dirumah aja, Indonesia itu Indah…!!! (Day 1)

Itulah slogan yang selalu dilontarkan anak pecinta alam. Biasanya sambil capture foto di puncak sama jari kakinya yang lagi selonjoran atau sambil capture sunset di atas gunung sambil megang secarik kertas tulisannya “dapat salam dari gunung Bromo, kapan kesini?” ya kira-kira begitu, kemudian di upload untuk sekedar iming-iming suasana indah yang baru ditapaki. hasil ciptaan Tuhan sendiri sembari bersyukur sembari berkampanye mengajak koloni-koloninya yang lain untuk ikut juga melangkah mengelilingi negri.

Well, I do agree… Kalau saja aku gak terikat kontrak sebagai pegawai kantoran dan tentunya punya budget mengalir tiap bulan atau tiap minggu tanpa kerja, mungkin ‘kaki gatal’ku sudah melalang buana kemana-mana. Ribet juga sih, orang kerja ada uang tapi gak ada waktu buat menikmati hidup, sedang orang nganggur, punya banyak waktu dan juga punya banyak tabungan kosong yang gak bisa dipakai apa-apa. Well well, se-backpacker-backpacker-nya seorang traveller pun tetep butuh uang walau nominalnya mungkin memang jauh lebih kuecil (kata orang jawa) dibanding dengan konglomerat yang berwisata dengan fasilitas mewah. Walau intinya sama. menikmati hidup, menikmati alam dan mengagumi ciptaan Tuhan YME. Dipikir-pikir paling enak tuh memang jadi agen travel yang menyediakan jasa tour kemana-mana. Selain bisa jalan-jalan ke tempat si wisatawan tuju, sekaligus gak keluar apa-apa karena kalkulasi budget kan sudah kehitung semua hoho. 1 lagi pekerjaan yang diidamin seorang traveller adalah sebagai pemandu acara wisata. Tohh sudah pasti budget semua ditanggung perusahaan penerbit acara tersebut. Modal utama cuma tampang cakep-cakep nya penjelajah, punya jiwa traveller, gak takut ama alam dalam bentuk apapun dan pandai bercakap depan kamera dengan peragaan-peragaan tambahan supaya yang lihat makin greget motivasinya untuk ikutan nyoba juga. komunikatif yang persuasif lahh intinya. :) Dari dulu sudah yang pengen begituan, (kerja di area seperti itu) tapi sudah berserah penuh sama sang Khalik “Jadilah seturut kehendakMu” ditempatkan dimanapun, jadi apapun, akulah aku dimataMu.

Dedikasiku adalah caraku berterimakasih padaMu. uwaw, agak filosofis sedikit :p Aku menikmati aku yang sekarang dengan apa yang ada dan kupunya sehingga bisa terus bersyukur dalam segala hal. Mau jadi traveller? silahkan… walau tidak fulltime. Semua bisa diatur. kamulah kamu dengan apa yang kamu buat dan apa yang kamu mau, bukan begitu? :)

Well, sepenggal (duapenggal, tigapenggal, berpenggal-penggal) opening tadi hanya sebagai pengantar umum untuk membawa rangkaian kalimat ini ke cerita yang sebenarnya. “Jangan dirumah aja, Indonesia itu Indah…!!!”
Seindah,
Ya, kira-kira seindah capture-capture foto itu yang diambil tepatnya 3 sampai 2 hari yang lalu di tanah Jawa Tengah di pulau Karimun Jawa.
and I wanna shouted, “Finally I am here beiibee!!!” dengan senyum sumringah pencapaian impian selama ini. impian sejak 3 tahun yg lalu. catet!

Impian yang jelas sudah direncana-rencanain dengan berpuluh manusia, namun gagal juga. gak ada yang terealisasi. namun kali ini tanpa rencana, tepat 2 minggu sebelum berangkat, Mbak Mifta BBM dan ngajakin ke KarJaw tiba-tiba. dengan paketan, harga, tour guide dan ittenary yang sudah siap. tinggal butuh jawaban mau atau enggak. ikut atau enggak. masih nggak nyangka dan gak habis pikir. malah sempet males-malesan ‘not that excited’ to go… karena hampir habis masa impian itu di hati. macem cewek yang udah biasa di PHPin dan digombalin jadi kebal dengan jurus-jurus PHP lainnya. namun kali ini salah, it is for real!

Kamis malam, 4 Mei kita rencana berangkat dengan 4 orang lainnya jadi total ber-6. Bahkan gak minta cuti kantor untuk hal ini, belum persiapan sama sekali. Sampai tiba-tiba, di Kamis siangnya waktu lagi BBM an sama si embak yang keep ngingetin peralatan dan kebutuhan yang harus dibawa, doski BBM lagi dan bilang “kabar buruk guys, aku baru di BBM ma Tour Guidenya katanya cuaca buruk untuk besok, jadi kapal dilarang berlayar. alhasil harus di postpone keberangkatannya atau kalau mau DPnya dibalikin” Aku juga dalam masa financial yang tidak baik. Entah knapa gaji yg baru dapet 2 mingu lalu kesisa tinggal 10%. Kemana aja tuh uang juga udah gak sadar, main gesek-gesek aja, main transfer-transfer aja dan tiba-tiba

Kelimpungan. Aku tipe orang yang kalau mau jalan-jalan yaudah monggo habis-habisan. kalau mo dimepet-mepetin ya mending gausa jalan. GALAU. sekalinya dipakai pergi, hidup 2 minggu kedepan tinggal bayangan. Entah mo makan pake apa, andai sandal bisa dibikin gado-gado mungkin aku makan juga. Nelusuri log dari e-banking, ternyata sempet ada transaksi yang kepotong 2x jadi double transaction dan nominalnya okelah buat hidup 1 minggu. Secercah harapan muncul. Telusuri dengan segala cara gimana caranya tuh uang balik. Cara pertama yang paling gampang dulu adalah menghubungi pihak Bank yang bersangkutan yang kebetulan kantorannya ada dibawah gedung kantorku. Puji Tuhan dapat jawaban melegakan dengan permohonan maaf dari pihak teller mewakili perusahaan, dan proses pengurusan yang akan memakan waktu kurang lebih 7 hari kerja. Pas! Aku masih bisa hidup. dihemat-hematin bisa buat 2 minggu sampe gajian selanjutnya. duhh… baru kali ini deh sampe segininya.

Minggu berikutnya tepatnya Kamis kemarin, 11 Juni, 2015. Masih dengan kondisi yang sama dengan perasaan H2C (Harap-Harap Cemas) semoga gak ada laporan dari Tour untuk informasi postpone lagi. Masalahnya minggu depannya lagi dah masuk minggu puasa. Rombongan kami mayoritas bakalan puasa. Agak ribet kalo puasa-puasa mo jalan. jadi kalo sampe postpone lagi, mau gak mau cancel sampai waktu yang tidak ditentukan. Tapi Puji Tuhan malah di sms, “persiapan di pelabuhan Jepara pukul 9 kapal Ekspress Bahari ke dermaga Karimun Jawa akan diberangkatkan” packing guys!

Orang Jawa bilang aku “Mbeling”. Kamis malam tepat setelah acara kantor di hotel, aku langsung balik kos, ganti baju dan ambil beberapa barang yang perlu dibawa, sebagiannya lagi sudah dibawa ma Mars ke KebunRupa PH. Yeap, bebarengan ma anak Production House Kebun Rupa, walau gak semua personilnya ikut. Intinya yang paling telat aku. gegara acara di hotel kelarnya rada maleman diluar ekspektasi. Mbak Mifta udah woro-woro kalo setengah 8 harus udah di Terminal Bungurasih menurut orang Bis-nya, yahh.. walau bisnya tuh berangkat jam setengah 9. Aku sampe PH jam 7 lebih hampir setengah 8. Agak gopoh juga manah Mars pake acara Beol di jam genting kayak gitu. Mas Brewok bilang “Mungkin dia Happy

Jam setengah 8 ceritanya kita dah sampe di Bungur. Nyari Bisnya belum terparkir ditempat yang seharusnya. Saking gak sabarnya kita ke parkiran belakang nyari Bis yang berwarna merah entu. Nama bisnya, Indonesia… something. Adita, adalah personil yang paling dikhawatirkan karena gak biasa naik kendaraan umum dalam waktu yang panjang. Suka mabok kendaraan walau udah dijejeli antimo dan obat tidur. Semua menaruh harap dia akan baik-baik saja. Tapi, kenyataannya tidak. setengah perjalanan sebelum bis parkir ditempat makan di daerah Tuban, Adita dah keluar duluan. untung masih bisa tertangani dengan baik dan istirahat setelahnya. sampe kita tiba di terminal Jepara setelah kurang lebih 7 jam perjalanan. Dari terminal Jepara masih harus naik becak sekitar 10 menit ke arah pelabuhan atau dermaganya tempat sandar Kapal Ferry Ekspress Bahari yang bakal anter kita ke Karimun Jawa. Jadi pagi-pagi buta dah dianter ma pak becak ke pelabuhan Jeparanya bayarnya 20rb (mayan mahal gak sih?) trus nangkring di Warung Bu Dyah. Salah satu warung yang langsung tampak mata begitu tiba di pelabuhan. Salah satu warung yang tampak diduduki ma anak-anak backpacker dan traveller gak lupa ada orang asingnya juga. Kita ceritanya ‘mbambung’ selama kurang lebih 4 jam-an. Yang lain disempet-sempetin sarapan. ihh waw, harganya kerasa boo~ 1 porsi makan di warung Bu Dyah bisa untuk 2 - 3 kali makan di Surabaya (di warung biasa yaa, kan namanya juga warung). Aq ma Mars adalah personil yang gak ikut sarapan, selain gak lapar, kita juga hemat uang. Agak ngenes juga sih dipikir-pikir. Aku beli roti ala kadarnya, kalo gak salah rasa coklat pisang gitu deh sama susu hangat itu aja udah 15rb sendiri. maklum kocek lagi gak bersahabat pake banget.

Tepat jam 8, kami ketemu mas Damar si Tour Guide dari KOMPAK TOUR (iya catett, KOMPAK TOUR ya. Tour yang kita pake kesana). Mbak Mifta (yg secara gak langsung adalah koordinator kita, soalnya doski yg atur semuanya) ditelepon ma Mas Damar ketemuan lah kita di warung Bu Dyah. Dia memastikan jumlah personil kemudian persiapan berangkat, nagihin sisa uang yang belum terlunasi terus jam setengah 9-nya bagiin tiket di dekat pintu masuk ke kapal sebelum tiket ama KTP kita di cek-in satu-satu ma petugas pelabuhan. Noted ya, harus bawa KTP dan nama di tiket harus sesuai. Takut ada teroris atau semacamnya masuk ke pulau surga entu.
Mo naik kapal rasanya ajojing banget. adrenalin makin kuat, 2 jam lagi udah bakalan sandar di dermaga Karimun Jawa. Tapi perasaan itu harus kena distraction sebentar karena waktu di kapal Adita mabok, kali ini tingkat dewa karena pake acara pingsan. posisinya kita semua pada istirahat tiduran ayem sampe Mas Brewok yang duduk depan kita yang sejajar juga ma Adita bangunin Mars buat bantu bopong Adita ketempat yang aman, which is tempat istirahatnya Nahkoda. 1 kapal terpana liat badan yang diangkat-angkat gitu. Aku (dan ternyata baru disadari bahwa Mbak Mifta juga) berusaha melanjutkan tidur. setelah proses Adita mabok ampe pingsan merangsang ke sistem pernafasan dan pencernaan kami. didukung ma olengan kapal ke kanan dan ke kiri, bisa liat percikan ombak menerpa sisi kapal (ceritanya duduk di dekat jendela) jangan sampe ada Adita kedua diantara kita. kompak memejamkan mata.

Cecowo pada di daerah kekuasaannya Nahkoda, ceritanya jagain Adita tapi di akhir kita tau bahwa mereka modus, numpang narsis di tempatnya Nahkoda. masing-masing ambil posisi foto megangin setir kapal. Well done good boys. sampai kapal sandar dan dipanggilin ambulans, jadi rombongan kita yg paling telat turunnya. Mbak Mifta harus kontekin Mas Damar kasih tau situasi. singkatnya begitu ambulans sampe, Adita digotong pake tandu dibawa mobil ambulans ke puskesmas terdekat, yang akhirnya diketahui bahwa puskesmas itu adalah puskesmas termahal satu-satunya ditanah Karimun Jawa. iya mahal boo… gak sampe semalem dah habis ampir 300rb. 1/3 dr harga paket tour kitah (itungan banget sii buu~)

Mas Brewok, Mbak Mifta ma Lubis ikut ambulans, aku ma Mars langsung ikut mobil jemputan yang udah disedian Tour who is Mas Damar ke penginapan. bukan hotel ya, semacam rumah warga yg disewakan. kesan? bagus kok, jangan bayangin hotel aja. bayangin aja rumah warga yg dijaga kebersihannya. kamarnya isi 1 spring bed ukuran king size sudah dibungkus rapi ma sprei dan kipas angin. cukup untuk para traveller yang gak membutuhkan tempat tidur mewah karena mostly waktunya akan dihabiskan diluar. di tempat inap kami ada sekitar 8 kamar. digabung ama traveller lain yang tergabung dalam KOMPAK TOUR juga. Aku ma Mars cuma taruh barang. Lagi-lagi Mas Damar mengecek segala kelengkapan kami dan ngingetin jadwal tour pertama hari itu adalah pukul 2 setelah makan siang. Mas Damar juga nawarin nganter ke Puskesmas karena pastinya kita juga pengen liat keadaannya Adita. Sempet kenalan juga ama yg punya rumah (penginapan) namanya Ibu July (kayak July sahabat akuhh hihi…) beliau ma Mas Damar nawarin motor yg bisa dipinjem. ada 2 motor disitu, 1 dibawa Mas Damar, 1 bisa dipake kita dan dianterlah kita ke Puskesmasnya. Agak kaget juga karena ternyata Puskesmasnya deket banget. Dari tempat penginapan belok kanan dikit ngelewatin 3 rumah mungkin terus belok kiri ngelewatin 1 gang karena Puskesmas ada di ujung gang. anggaplah 1 gang itu isi 10 rumah. jalan juga bisa, tau gitu gausa pake motor haha.

Sesudah ‘terimakasih’ ma Mas Damar karena sudah dianterin, kita masuk dan langsung ketemu Mas Brewok dan Mbak Mifta diruang tunggu. Adita lagi ditemenin Lubis dikamar pasien. kita masuk liat Adita yang diinfus. harusnya dioksigen juga tapi katanya Adita gak mau. Waktu itu keadaannya dah membaik. Dah sadar, dah bisa ngomong walau tangan dan kakinya masih agak dingin. Tapi dah semangat katanya dah bisa pulang dah bisa ikut agenda tour pertama dihari itu. Semangatnya Adita walau sakit gitu :’)

Aku ma Mars ajak Mbak Mifta ma Mas Brewok ke Penginapan dulu makan-makan dulu terus gantian ma Lubis. Mas Brewok kali ini yg bawa motor ma Mbak Mifta kita tunggu diujung jalan. sampe ke penginapan makan-makan, cuci muka aja (karena tar juga basah-basahan) aku ma Mars sempet bawain makan ke Puskesmas buat Lubis dan Adita sambil mastiin keadaan. Singkatnya, kelompok kita yg paling ngaret ampe jam 2 kita masih bingung antara Adita diikutin aja atau nggak usah. ampe Mas Brewok ma Mbak Mifta yg sempet beda pendapat itu adu argumen haha. Mbak Mifta mikirnya Adita yg sakit istirahat aja, takutnya gak kuat. baru besok diseneng-senengin. Takutnya dibawa trus drop lagi malah bakal nyusain semua kru yang ada gak hanya kita aja. Tapi mas Brewok mikirin semangatnya Adita kalau dia bilang gak apa apa ya ayok aja, kasian juga udah bayar tournya tapi kebuang sia-sia malah nambal di Puskesmas. dan keduanya ada benarnya. Walau aku lebih dukung pendapat Mbak Mifta. aku bayangin diriku aja sih yang masih lemes dan harus naik kapal lagi, diterpa ombak lagi bahkan main-main air ampe nyemplung malah. Ditengah perdebatan akhirnya Mas Brewok nyusulin ke Puskesmas coba bantu proses keluarnya Adita dengan segala tetek bengek administrasi yang harus diselesein. yaaaaaang pada akhirnya gabisa selesai juga. terlalu lama, terlalu njelibet jadi tanpa pilihan kita harus ninggalin Adita ma Lubis di Puskesmas. itupun kita udah ditinggal ama kelompok lain dan ketemu di dermaga kecil tempat boat-boat sandar.

Siap dengan pelampung, kacamata renang ma sepatu snorkling juga. alat snorkling siap di boat. Untuk kesekian kalinya Mas Damar speech sebentar sebelum kapal berangkat, mengecek jumlah penumpang dan woro-woro untuk menjaga keselamatan masing-masing, gak lupa ditutup dengan doa sebelum boat kita menyalakan mesinnya. dan on the Go… to pulau Menjangan Kecil tempat snorkling kita yang pertama. Im so excited and do worry about my self. sempet denger gunjingan bahwa snorkling bisa dilakukan oleh semua orang. semua orang which is orang yang gak bisa renang juga bisa. Tapi tetep, the feeling when ur chest touch the water tuhh agak-agak bikin merinding bagi aku. Aku mah ikut Mars aja, kalo doski berani aku juga berani. Mbak Mifta ma Mas Brewok udah jumpalitan nyemplung ke laut setibanya di spot snorkling, Mars juga berdaulat bahwa doski gabisa renang. Bahwa doski juga excited tp worry at the same time. duileee gimana gueee?? Mbak Mifta ma Mas Brewok tukang bohong tingkat kecamatan kota.

Bilangnya pada gabisa renang tapi gayanya udah macem-macem dalam laut. Mars udah nyemplung tapi kliatan masih ketir-ketir belum terbiasa ma air. Aku, masih diatas kapal dengan alat snorkling lengkap menempel dibadan dengan ekspresi mupeng dan takut yang bercampur jadi satu. Mbak Mifta ma Mas Brewok udah yang shouted to loud toward meh! “Ayoo gak papa, gak bakal tenggelem, aku juga gak bisa renang kok” aku masih ngumpulin nyawa. ngumpulin nyali. ngumpulin ketegaran jiwa. “Pegangin gueee… pokonya jangan tinggalin gueee” teriakin ke siapapun yg denger. Mars nyaut dengan pasti “Iya, ayo nyemplungo” haizzz… padahal mukanya masih muka meraba-raba juga. Alhasil nyemplung lah saya ke air. OMG. tampak bodoh, sangat bodoh. pegangan dipinggir kapal dan ngerasain air laut yg sampe ke dada. agak-agak nyesek gitu rasanya. takut keguling, takut uncontrolled. takut ini. takut itu. takut ini itu. semua semua. Mupeng banget liat mbak Mifta ma Mas Brewok yang udah ahli meluncur kesana-kesini sesuka hati. duileee… gw control badan sendiri aja kaga bisa #nangisdarah #sedihbangetsihgue Mars itu sok-sokan. modal nekat modal percaya bahwa semua akan baik-baik aja. itu juga yang terus didengungkan ditelingaku. singkatnya aku pegangan mulu ke Mars dan sesekali gantian ke Mbak Mifta. bawa aku kemanapun kau pergi Mbakk… udah bisa jalan-jalan di air walau sambil pegangan, coba pasang kacamata snorkling, bernafas lewat ‘selang’ yang sudah disediakan dan memandang jauh ke dalam laut. waow. snorkling itu asyik yaa… dasar laut, terumbu karang, ikan-ikannya yang seolah menari kesana-kemari. ihh waw semuanya indah. indah banget lohh ihhh… mulai menikmati ceritanya. tapi tetep aja posisinya pegangan. tetep.

Gak lama. masih asik-asiknya menikmati. entah berapa lama, pokonya bentar banget kerasanya, udah dipanggil tour guidenya untuk mentas, kita akan menuju ke spot berikutnya ke Tanjung Gelam (entah itu nama pantai atau pulaunya, pokonya sebutannya begitu) ihh.. gw masih mau lama-lama boo~ terhitung gelombang excitednya paling lama jalan ya di gue seorang. eh tapi jangan salah, ada juga mbak-mbak yang kayaknya cuma datang bedua ma cowonya yang juga mo nyobain snorkling tapi penuh dengan kecemasan, sama persis ma gueh! meronta, mengeluh, sambatttt… “aku gabisa balikin badanku”, “jangan jauh-jauh”, “pegangin aku” yahh mungkin semacam kalimat umum yang dilontarkan para amatiran, novice kayak akuhh.

Perasaan excited masih berdebar di dada. gue pengen lagi. mau lagi. “Snorkling lagi yuuk Mars” dapat jitak dari dia, “Gitu tadi gak mau langsung nyebur” katanya.
Tanjung Gelam gak jauh dari spot snorkling pulau Menjangan Kecil tadi. cuma sekitar 10 mins mungkin kita dah sampe aja disana. Kapal sandar dan kita pada turun. nihh tempat udah oke gilaak! walau jarak pasir pantai ke lautnya gak terlalu jauh alias pendek. tapi pasirnya dah putih. lautnya dah yang bergradasi dari jauh keliatan kayak ijo dipinggir pantai kebiru muda ampe biru tua ke laut lepasnya. cuantek! disana jadwalnya kita bakal menikmati sunset ma foto-foto. ditempat ini dah banyak orang jualan. gak kehitung ada berapa warung tapi let’s say ada kurang lebih 10 warung jejer-jejer menyediakan jajanan dan minuman khas pantai kayak degan, popmie, gorengan dan minuman sachet lainnya. Ini di pantai boo~ dipulau terpencil, susah mo kedaratnya, jadi 1 gorengan diitung 2000an itu wajar #ketawasetan Poto di spot ini, walo pake kamera VGA pun bakalan keliatan cakep. udah terlalu cantiklah tempatnya. ini spot kedua sekaligus spot terakhir untuk hari ini, selebihnya kita akan kembali menyandarkan boat ini ke dermaga kecil pulau utama Karimun Jawa dan pulang ke penginapan masing-masing.

Perjalananpun usai tepat pukul setengah 6 sore, ketika matahari hampir tiada. Sujud Sukur sama Gusti. Puji Tuhan terima kasih. Indah sekali tempat ini oh Almighty :) Mari pulang bersihkan diri dan… ADITAAA dimana???
Sampai di Penginapan sudah ketemu Adita, dia udah sehat bugar dan mungkin sedikit menyesal karena harus stay penginapan tanpa HP pula. Secara tas yang berisikan HP dan peralatan yang dibutuhkan ketaroh di kamar akuh yang terkunci dengan baik. Maap Adita:( mianee~~
Kami membersihkan diri bergantian kamar mandi karena di penginapan 8 kamar itu cuma ada 3 kamar mandi. Namun untungnya ada sekitar 5 tempat jemuran cukup untuk semua peserta.

Secara 1 orang bisa ngabisin 1 lajur jemuran tuhh…
Sehabis makan masih sempet-sempetin ke Alun-alun. yeap, mereka bilangnya begitu. Walau dalam pemandangan kami itu hanyalah sepetak lapangan sepak bola ukuran sedang yang disulap jadi pasar malam (pasar malam yang gak serame bayangan anda manusia-manusia perkotaan). Yang pasti disana berjajar penjual ikan bakar. Ikannya unyu-unyu… unik-unik namanya juga aneh-aneh. Ada ikan parot atau bisa disebut ikan burung kakak tua (hayooloh ikan burung) ada Udang kipas, ada ikan batik (sebutan kita sendiri karena gak tau sebutannya apa, tapi motifnya kayak batik). Ada juga penjual jagung bakar, minuman sachetan, dan tentunya kaos-kaos oleh-oleh khas Karimun (yang bertuliskan Karimun Jawa apalah apalah) Wait, kaosnya cukup oke-oke lohh… dari motif dan sablonannya. Harganya 100rb dapet 3, kalo beli 1 jadi 35rb. Mo nawar gak boleh katanya “Semuanya harganya sama mbak, ini semua dari 1 boss yang sama” Well, cukup bisa dipercaya. Aku pergi beli kaos polos warna biru tua tulisan sederhana ‘Karimun Jawa’ yang kayaknya pake font Arial Black dengan motif bunga didalam tulisannya. Tapi sampe penginapan agak nyesel, tau gitu beli warna lain soalnya aku dah punya kaos warna ini. Pengen beli lagi karena motifnya juga banyak yang menarik nggak ndeso tapi money money, I need more money money~ Di ujung jalan tepatnya depan sekolahan SD ada acara Wisudaan anak-anak kelas 6. Ada acara menarik menampilkan pentas seni anak-anak dari SD tersebut. Kayaknya udah yang kayak gini hiburannya warga sini. Kalau liat ke langit bisa liat jajaran bintang kelap-kelip yang tentunya gak bisa dilihat di kota. Suasana Desa, suasana ayem, tentrem penuh kedamaian. Tempat ini cocok buat mengusir penat dari hiruk pikuk dunia perkotaan dengan kemacetan dan masalah-masalahnya yang berjubel gak karuan.
Akupun kembali ke penginapan dan tertidur pada pukul 9 lebih sedikit. hari yang indah, tempat yang cantik, suasana yang nyaman dan hati yang damai tidak sabar menunggu esok dengan 5 spot berikutnya yang sudah terjadwal                              
Sumber : http://icemosphere.tumblr.com/post/121579605209/jangan-dirumah-aja-indonesia-itu-indah-day

INDONESIA ITU INDAH Rating: 4.5 Diposkan Oleh: karimunjawa island
Paket Wisata Karimunjawa Murah & Terpercaya

Kompak Tour adalah salah satu Biro Paket Wisata Karimunjawa Murah, yang memiliki kantor di Jepara dan Karimunjawa. Kami melayani paket wisata :
1. Open trip / tour gabungan
2. Private trip
3. Family trip
4. Komunitas
5. Perusahaan / perkantoran
6. Pelajar dan Mahasiswa
7. Honeymoon

Harga paket yang tertera sudah termasuk asuransi jasa raharja, tiket kapal PP, penginapan, makan, tiket masuk wisata, biaya restribusi, dokumentasi underwater, dokumentasi upwater, guide, sewa kapal tour, life jacket, alat snorkeling, air mineral, donasi yatim dll

"Mencari Paket Wisata Karimunjawa Murah ? Jangan tergiur harga murah tapi pelayanan kurang memuaskan dan tujuan wisata hanya disitu-situ saja, KOMPAK TOUR solusi terbaik liburan anda"

Tidak ada minimal orang untuk pemesanan, jadi mau daftar 1 atau 2 orang tetap bisa. Kalian juga bebas pilih tanggal keberangkatan, karena setiap hari kami selalu ada jadwal trip

Dikarenakan permintaan penginapan dan tiket kapal sangat banyak, kami sarankan untuk melakukan pemesanan paket wisata jauh-jauh hari atau beberapa bulan sebelum keberangkatan

Salam dari kami www.KompakTour.com

PAKET SIGINJAI

KAPAL

HARI

INFO

2H1M 550 Ribu

Ferry

Sabtu

Klik Disini

2H1M 550 Ribu

Ferry

Senin

Klik Disini

2H1M 550 Ribu

Ferry

Rabu

Klik Disini

3H2M 750 Ribu

Ferry

Rabu

Klik Disini

3H2M 750 Ribu

Ferry

Jumat

Klik Disini

3H2M 750 Ribu

Ferry

Senin

Klik Disini

4H3M 825 Ribu

Ferry

Senin

Klik Disini

4H3M 825 Ribu

Ferry

Sabtu

Klik Disini


PAKET EXPRESS

KAPAL

HARI

INFO

2H1M 730 Ribu

Express

Selasa

Klik Disini

2H1M 730 Ribu

Express

Jumat

Klik Disini

2H1M 730 Ribu

Express

Sabtu

Klik Disini

3H2M 880 Ribu

Express

Senin

Klik Disini

3H2M 880 Ribu

Express

Jumat

Klik Disini

3H2M 880 Ribu

Express

Sabtu

Klik Disini

3H2M 880 Ribu

Express

Kamis

Klik Disini

3H2M 880 Ribu

Express

Jumat

Klik Disini

3H2M 880 Ribu

Express

Rabu

Klik Disini

4H3M 1 Juta

Express

Jumat

Klik Disini

PAKET KARTINI

KAPAL

HARI

INFO

3H2M 800 Ribu

Kartini

Jumat

Klik Disini


PAKET PELNI

KAPAL

HARI

INFO

3H2M 700 Ribu

Pelni

Jumat

Klik Disini


PAKET MURAH

KAPAL

HARI

INFO

3H2M 825 Ribu

Exp - Ferry

Selasa

Klik Disini

3H2M 825 Ribu

Exp - Ferry

Jumat

Klik Disini

4H3M 900 Ribu

Ferry - Exp

Rabu

Klik Disini

3H2M 825 Ribu

Ferry - Exp

Kamis

Klik Disini


PAKET PESAWAT

FLIGHT

HARI

INFO

3H2M 2,2 Juta

Wings Air

Jumat

Klik Disini


PAKET SNORKELING

KAPAL

HARI

INFO

1 HARI 200 Ribu

Non Tiket

Setiap Hari

Klik Disini

2 HARI 400 Ribu

Non Tiket

Setiap Hari

Klik Disini


KEUNTUNGAN GABUNG KOMPAK TOUR

PAKET TOUR

HARGA

START

DETAIL

BROMO

350 RIBU

SURABAYA

KLIK DISINI

DERAWAN 3H2M

1,8 JUTA

TARAKAN

KLIK DISINI

DERAWAN 4H3M

3 JUTA

TARAKAN

KLIK DISINI

DERAWAN 3H2M

1,8 JUTA

BERAU

KLIK DISINI

DERAWAN 4H3M

3 JUTA

BERAU

KLIK DISINI

RAJA AMPAT 3H2M

2,7 JUTA

SORONG

KLIK DISINI

RAJA AMPAT 4H3M

4 JUTA

SORONG

KLIK DISINI

MENJANGAN BALI

350 RIBU

BWI

KLIK DISINI

KAWAH IJEN

350 RIBU

BWI

KLIK DISINI

KOMODO 4H3M

2,3 JUTA

BANGSAL

KLIK DISINI

TOUR SEMARANG

250 RIBU

SEMARANG

KLIK DISINI

TOUR MALANG

450 RIBU

MALANG

KLIK DISINI

TOUR DIENG

350 RIBU

SEMARANG

KLIK DISINI

TOUR JEPARA

250 RIBU

JEPARA

KLIK DISINI