TAHUN BARU KE KARIMUNJAWA

Year End Getaway - Semarang - Jepara - Karimunjawa (Part 1)
25 - 31 December 2014

Akhir tahun kemarin, Desember 2014, aku berkesempatan liburan bersama anak-anak, setelah sekian lama tidak merasakan liburan akhir tahun (bahkan aku sudah tidak ingat kapan terakhir memiliki liburan akhir tahun), karena beberapa tahun terakhir malam tahun baru a.k.a akhir bulan, adalah waktunya lembur di kantor dalam rangka closing.

Total 10 hari sejak tanggal 25 Desember 2014 sampai tanggal 4 Januari 2015, aku libur...yeayyyy. Thanks to my new boss, Valery, for encouraging me to take my year end holiday. Rasanya gimanaaa gitu, pas temen-temen sibuk closing, aku bisa liburan. Feel sooooo good......... feel like a boss:-)

Awal Desember, baru dapat kepastian kalau aku punya 10 hari liburan, tentunya sayang kalau hanya dihabiskan di rumah saja. Pastinya pengen liburan agak panjang dan seru ke luar kota. Tengok budget, waduh......hm.....ada sih dikit plus mengorbankan beberapa keperluan lain, bisa lah di atur-atur.  Langsung browsing, cari liburan murah meriah seru......ber-4, aku, suami dan anak-anak.  Sound nice, so exciting in doing holiday planning, already can make my heart beat faster.

Pantai!! Definitely!! Terlalu lama aku tidak ke pantai/laut, aku sukaaaa sekali pantai dan laut.  Pilihannya adalah Pulau Belitung, Ujung Kulon atau Karimunjawa. Mari kita snorkeling!  Lombok tentu pilihan terbaik dengan Kepulauan Gili yang cantik, but still above my budget for now.  Pilihan berikutnya adalah Belitung, Ujung Kulon atau Karimun Jawa. Setelah browsing-browsing dan hitung hitugan budget, dengan paket yang didapat, pilihan jatuh kepada Kepulauan Karimunjawa.  Dapat paket murah meriah, dari Kompak Tour, cuma Rp 640,000/orang untuk 4 hari 3 malam, termasuk penginapan, makan, sewa kapal kecil ke pulau pulau, tiket kapal jepara-karimunjawa, alat-alat snorkeling, guide dan foto-foto dalam air. Great! Plus tiket kereta jakarta-semarang dan bis/travel semarang-jepara, ber-4, budget masuk. Sip!

Mulailah melakukan rencana perjalanan, mulai dari cek cek tiket kereta api, karena pastinya full-booked dalam liburan Natal-Tahun Baru, cek cek Hotel di Semarang, di Jepara, keadaan cuaca di Karimun-Jawa, sampai pulang kembali. Booking sana booking sini, 3 minggu sebelum perjalanan beres.  Eh, ada satu lagi yang penting, kamera!  Ini perjalanan traveling 7 hari, dan meng-capture setiap moment-nya penting (terutama buat aku dan Aisyah.....para sanguinis). Setelah cek cek di website, akhirnya pilihan jatuh kepada Canon Powershot D-30, waterproof, shockproof andfreezeproof camera, cocok buat foto-foto sama ikan di laut dan bisa dibawa-bawa Aisyah kalau naik gunung, harga terjangkau, di bawah 3jt. 12M pixels, lumayanlah....

Satu minggu sebelum keberangkatan, Yoga membatalkan, ada urusan mendadak. Karena tiket kereta sudah dibeli dan uang muka paket perjalanan sudah dibayar, sayang bila hangus, maka akhirnya diganti oleh Zakky, keponakanku. Agak ribet sih ngurus ganti nama tiket kereta api, dan kena potongan 25%, serta uang muka paket hangus, tapi akhirnya semua bisa dibereskan.  Akhirnya yang berangkat adalah aku, Aisyah, Almas dan Zakky.

All set....tanggal 25 Desember 2014, Yoga mengantarkan kami ke Stasiun KA Senen

Kita naik kereta Menoreh menuju Stasiun Tawang Semarang. Berangkat jam 8 malam dan sampai di Semarang jam 2 dini hari.  Memang sengaja menggunakan KA Ekonomi AC, selain mengirit (1juta ber-4), ceritanya ini perjalanan setengah back packer.  Tidak banyak yang bisa dilihat perjalanan malam di kereta api, inginnya berangkat pagi hari, tetapi saat liburan akhir tahun seperti ini, masih mendapatkan tiket saja sudah bagus, tiket yang tersedia sebulan sebelumnya hanyalah jam ini.